Mengatasi Batuk Dengan Shiatsu

Batuk yang berlebihan sangat mengganggu, obat antibatuk seperti ekspektoran merupakan pereda bagi serangan yang banyak terjadi di musim pancaroba ini. Anda bisa juga mencoba cara alami dengan pijat shiatsu sendiri. 

Kelainan pada pernapasan maupun saluran pernapasan merupakan salah satu gangguan yang paling umum dikeluhkan, terutama di saat musim penghujan atau musim pancaroba seperti saat ini.

Petunjuk umum adanya gangguan di sistem pernapasan adalah demam, kesulitan bernapas, bersin, rasa tidak enak pada tenggorokan atau dada, nyeri dada, bibir membiru, suara mendengkur pada saat bernapas, dan batuk.

Jangan sepelekan gangguan ini. Pada batuk khususnya, bila sudah berlebihan, tentu akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebetulnya batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh untuk melindungi paru-paru agar jalan napas tetap bersih dari benda-benda asing.

Secara teknis batuk dibedakan dalam dua golongan. Ada batuk kering, yang tidak disertai pengeluaran lendir atau hanya sedikit lendir yang keluar. Ada pula batuk berlendir atau batuk produktif. Pada batuk produktif, banyak lendir yang dikeluarkan saat batuk.

Saat batuk kering menyerang, penderita akan sangat terganggu dap merasa sakit saat batuk, sehingga diperlukan obat untuk menekan batuknya. Obat yang dianjurkan untuk jenis batuk kering adalah obat antitusif. Untuk batuk berlendir, disarankan minum obat batuk ekspektoran. Obat ini merangsang pengeluaran lendir dan bahan iritan lainnya dari saluran napas.

Mengatasi Batuk Dengan Shiatsu

otot sternocleidomastoid memanjang secara diagonal dari belakang telinga melalui buah jakun, sampai ke tulang selangka (tulang di bagian bahu yang menghubungkan tulang dada dan tulang bahu). Bila otot ini menegang, pipa udara akan terhimpit dan menimbulkan batuk.

Pijat shiatsu pada titik-titik yang terletak di bagian depan leher (terdapat di sepanjang otot sternocleidomastoid) akan menghilangkan batuk. Untuk itu,  perlu dipraktikkan shiatsu untuk membebaskan diri kita dari gangguan batuk.

Karena pembuluh arteri utama terdapat di bawah titik-titik ini, pemijatan pada titik-titik ini sebaiknya menggunakan tenaga pijatan lembut, terutama bagi anak-anak. Pada anak, organorgannya masih terlalu peka terhadap tekanan alias pijatan.

1. Usaplah bagian depan leher pasien ke arah bawah dengan ibu jari atau dengan tiga jari Anda. Ulangi beberapa kali ().

2. Usaplah salah satu sisi dada pasien, dari tengah ke arah luar, sambil menahan bagian belakang tubuhnya dengan tangan bebas Anda. Ulangi untuk sisi yang lainnya. Usapan ini akan mengendurkan ketegangan di sekitar batang tenggorokan dan membuat pernapasan lebih ringan .

3. Tahan kepala pasien dengan tangan kiri Anda. Peganglah lehernya dengan ibu jari dan ketiga jari lainnya, lalu tekan atau pijat selama tiga detik. Bersama itu, miringkan kepalanya ke belakang untuk meregangkan otot-otot bagian depan leher (

4. Terakhir, mintalah pasien untuk memiringkan kepalanya ke belakang dan sekaligus menarik napas dalam-dalam untuk mengembangkan dadanya.

Top of Form

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Kasus Penyakit. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s