Shiatsu: Tips Mengatasi Kolesterol

Tulisan ini diilhami oleh banyaknya pesan yang masuk ke email saya yang menanyakan mengenai tips mengatasi kolestrol. Anggapan yang salah di masyarakat bahwa orang yang mengalami kolestrol tinggi pastilah berbadan gemuk, pendapat ini salah karena pada kenyataannya kolesterol tinggi tidak hanya dialami oleh orang yang gemuk saja, orang dengan perawakan sedang bahkan kurus pun dapat mengalaminya. Selain itu kolesterol tinggi tidak saja dialami oleh orang tua saja, orang muda pun dapat terkena kolesterol tinggi. Jadi setiap orang yang muda ataupun tua, gemuk ataupun kurus harus menjaga kolesterolnya dalam keadaan normal karena dengan kolesterol normal kita akan terhindar dari tekanan darah tinggi, serangan jantung ataupun serangan stroke.

 

Dalam tubuh terdapat lemak yang terdiri dari kolesterol jahat yang biasa disebut LDL (Low Density Lipoprotein) dimana lemak ini dapat menempel pada pembuluh darah. Sedangkan kolesterol baik yang dikenal dengan HDL (High Density Lipoprotein) merupakan lemak yang dapat melarutkan kandungan LDL dalam tubuh. Kolesterol normal dalam tubuh adalah 160-200 mg, maka penumpukan kandungan LDL harus dicegah agar tetap dalam keadaan normal. Berikut beberapa tips agar Anda dapat mengontrol kolesterol dalam darah.

 

Diet

 

Konsumsi makanan yang rendah lemak dan kolesterol. Misalnya dengan mengkonsumsi  susu  tanpa lemak dan mengurangi konsumsi daging. Pilihlah makanan dengan kandungan lemak tak jenuh daripada kandungan lemak jenuh. Minyak yang digunakan untuk menggoreng secara berulang-ulang dapat meningkatkan kadar kolesterol, maka ada baiknya Anda mengurangi konsumsi makanan yang digoreng.

 

Konsumsi makanan berserat

 

Lebih banyak mengkonsumsi makanan berserat seperti gandum, kacang kacangan, sayur-sayuran dan buah-buahan. Jenis makanan ini dapat menyerap kolesterol yang ada dalam darah dan mengeluarkannya dari tubuh.

 

Konsumsi antioksidan

 

Antioksidan banyak terdapat dalam buah-buahan seperti jeruk, strawbery, pepaya, wortel, atau labu. Mengkonsumsi bawang putih secara teratur juga dapat menurunkan kadar kolesterol.

 

Hindari alkohol dan merokok

 

Dengan merokok atau mengkonsumsi alkohol, kolesterol akan mudah menumpuk dalam aliran darah.

 

Olahraga

 

Berolahraga secara teratur sesuai dengan umur dan kemampuan. Jaga agar berat tubuh Anda tetap ideal.

 

Hindari makanan yang berkolesterol tinggi

 

Ada beberapa makanan yang harus dihindari olehh kita agar terhindar dari kolestrol tinggi, diantaranya; santan, jeroan sapi, kining telur ayam, telur burung puyuh, kulit daging ayam dan kulit daging bebek, kurangi makanan sea food,susu sapi cream, coklat, margarine dll.

 

Shiatsu merupakan terapi yang menitikberatkan keseimbangan energi dalam tubuh, dengan shiatsu  metabolisme tubuh dan kemampuan tubuh untuk mengatasi  gangguan yang merugikan dapat  meningkat, sehingga dengan kondisi pikiran yang tenang dan terkendali, organisasi kerja tubuh dapat berjalan dengan normal. Mudah-mudahan bermanfaat.

 

 

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Kasus Penyakit. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s