Kehilangan SemangatKerja Bisa BerbahayaBagi Jantung

image

Semua pekerjaan punya risiko terhadap kesehatan. Mulai dari banyak duduk yang bikin gemuk, hingga kerja lembur yang membuat orang kurang tidur lalu gampang kena penyakit. Bahkan kehilangan semangat kerja pun bisa mengancam jantung.

Gangguan pada jantung rentan dialami para pekerja yang mengalami burnout atau keletihan emosional yang membuatnya kehilangan semangat bekerja. Berbeda dengan stres yang tampak dari perilaku uring-uringan, burnout sering sekali tidak terdeteksi.

Hubungan antara burnout dengan risiko penyakit jantung koroner dibuktikan dalam sebuah penelitian di Tel Aviv University. Dalam penelitian itu, 20 persen pekerja dengan skala burnout paling tinggi mengalami peningkatan risiko sakit jantung sebanyak 79 persen. Secara keseluruhan tanpa memandang skala burnout yang dialami, peningkatan risiko sakit jantung pada para partisipan mencapai rata-rata 40 persen. Diyakini jika pengamatan dilakukan dalam periode yang lebih panjang, dampaknya bisa lebih dramatis.

Dr Sharon Toker yang memimpin penelitian ini mengatakan, temuan ini lebih ekstrem dari yang dibayangkan sebelumnya. Menurutnya, burnout menjadi prediktor sakit jantung yang lebih kuat dibanding kadar lemak darah, aktivitas fisik dan bahkan merokok. “Temuan ini penting untuk pencegahan. Penyedia layanan kesehatan yang tahu pasiennya mengalami burnout juga bisa memonitor tanda-tanda penyakit jantung,” kata Dr Toker yang mempublikasikan temuannya di jurnal Psychosomatic Medicine, seperti dikutip dari Sciencedaily, Rabu (13/3/2013). Meski berbeda dengan stres, burnout juga bisa dipicu oleh stres. Beberapa faktor yang menyebabkan stres dan kemudian burnout di tempat kerja antara lain beban kerja, jam kerja yang panjang, suasana kantor, support emosional dan yang terpenting kemampuan untuk mengontrol semuanya itu.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s